Sunday 6 January 2013

Gelatin, Gom Arab dan Lesitin

Hello Bloggers \(n.n)/
Berikut akan dijelaskan sedikit mengenai sumber makanan Gelatin, Gom Arab dan Lesitin yang tentunya sering kita temui dalam komposisi makanan.
Terkadang akan muncul pertanyaan apakah komposisi tersebut termasuk vegetarian atau tidak.

Silahkan baca saja selengkapnya dalam posting yang ini. :)


Sumber: Wikipedia

GELATIN
Gelatin adalah zat kimia padat, tembus cahaya, tak berwarna, rapuh (jika kering), dan tak berasa, yang didapatkan dari kolagen yang berasal dari berbagai produk sampingan hewan. Gelatin umumnya digunakan sebagai zat pembuat gel pada makanan, farmasi, fotografi, dan pabrik kosmetik.

Gelatin merupakan campuran antara peptida dengan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang.

Gelatin komersial biasanya diperoleh dari ikan, sapi, dan babi. Dalam industri pangan, gelatin luas dipakai sebagai salah satu bahan baku dari permen lunak, jeli, dan es krim.


GOM ARAB
Gom (atau gum) arab, dikenal pula sebagai gum acacia adalah salah satu produk getah (resin) yang dihasilkan dari penyadapan getah pada batang tumbuhan legum (polong-polongan) dengan nama sama (nama ilmiah Acacia senegal). Nama "gom arab" (dari "gum arabic") secara harfiah berarti "getah arab". Kemungkinan besar tumbuhan ini berasal dari oasis padang pasir di Afrika utara, dan barangkali juga di Asia barat daya. Sudan merupakan penghasil 70% produksi gom arab sedunia.

Tanaman Gum Arab
Gom arab banyak dipakai dalam industri makanan dan kimia lainnya. Ia digunakan sebagai campuran minuman untuk mengurangi tekanan permukaan (surface tension) air dan stabilizer. Nomor kode E tumbuhan ini adalah E-414.


LESITIN
Lesitin (bahasa Yunani: lekithos - λεκιθος) adalah istilah yang biasanya digunakan sebagai sinonim untuk fosfatidil kolina, suatu fosfolipid yang menjadi komponen utama fraksi fosfatida pada ekstrak kuning telur atau kacang kedelai yang diisolasi secara mekanik, maupun kimiawi dengan menggunakan heksana.
Lesitin juga merupakan istilah sinonim dari senyawa organik lain yang sedikit berbeda:
  • Fosfatidil inositol
  • Fosfatidil etanolamina
Dalam aplikasinya, lesitin berada dalam kuning telur dan paling sering digunakan sebagai agen emulsifier yang dapat mencampur minyak dan air, seperti pada mayones. Hal tersebut dapat terjadi karena lesitin mempunyai kepala yang bersifat hidrofilik dan ekor yang bersifat hidrofobik.
Lesitin pada telur didominasi oleh kandungan fosfatidil kolina yang tinggi, gliserolfosfolipid, rantai panjang asam lemak tak jenuh, asam arakidonat, dan kandungan DHA yang tidak terdapat pada sumber lesitin lainnya (seperti kacang-kacangan).
Lesitin secara komersil bisa diperoleh dengan kemurnian tinggi untuk aditif pangan ataupun tujuan medis. Selain itu, lesitin juga diketahui dapat membantu stabilitas dari mayones  serta membuat mayones terlihat lebih tebal.


----------------------------------------------------
Mungkin dapat disimpulkan bahwa:

Gelatin merupakan produk non vegetarian

Gom Arab merupakan produk vegetarian

Lesitin merupakan produk yang mengandung telur, boleh dikonsumsi bagi vegetarian yang mengonsumsi telur.

No comments:

Post a Comment